/
1 Comments
Bojonegoro - Jambu biji merupakan tanaman tropis yang tersebar diseluruh Indonesia. Jambu biji memiliki kulit buah berwarna hijau, daging buah berwarna putih atau merah muda, memiliki rasa asam manis dan mengandung banyak vitamin C. Salah satu jenis jambu biji yakni jambu Kristal saat ini sedang dibudidayakan di desa Ringintunggal oleh Ergunawan. Dilahan sekitar kurang lebih satu hektar jambu biji ditanam secara organik oleh beliau, pupuk yang digunakan untuk menyubuhkan tanaman dibuat sendiri dari mengolah kotoran sapi.

Teknik perbanyakan yang digunakan adalah teknik pencangkokan, ini dilakukan agar tumbuhan yang baru nantinya akan mengikuti sifat induknya. Selain dipergunakan sendiri, hasil pencangkokan jambu biji ini juga dibagi-bagikan kepada warga sekitar. Tujuannya agar warga sekitar juga melakukan penghijauan dan memiliki tanaman jambu biji sendiri.

Kedepan diharapkan semua warga desa Ringintunggal bisa memiliki tanaman jambu biji ini semua. Atau mungkin bersama-sama melakukan penanaman di lahan yang lebih luas, seperti yang dilakukan warga desa Ngringinrejo dengan agrowisata kebun belimbingnya. Dengan begitu Kabupaten Bojonegoro mempunyai Agrowisata Kebun yang tersebar luas dibeberapa tempat dan menambah jumlah pemasukan daerah serta warga desa Ringintunggal. Kita tunggu saja kedepannya seperti apa.

(Penulis oleh Muhimmatul Khoiriyah dan Foto oleh Renaldo Akbar)



You may also like

Bojonegoro - Jambu biji merupakan tanaman tropis yang tersebar diseluruh Indonesia. Jambu biji memiliki kulit buah berwarna hijau, daging...

1 komentar: